-->

Manfaat Dark Chocolate untuk Kesehatan

Advertisemen
Manfaat Dark chocolate
Manfaat dark chocolate banyak banget. Coklat merupakan bahan penyegar yang kandungan utamanya adalah theobromin. Theobromin merupakan senyawa golongan alkaloid yang memberikan efek menenangkan pada otak. Selain theobromin banyak sekali bahan - bahan aktif yang terdapat di dalam coklat, bahkan antioksidan di dalam coklat batang lebih besar tiga kali lipat daripada antioksidan di dalam green tea (teh hijau). Selain manfaatnya secara kimia, secara psikologis coklat batang yang dikonsumsi dalam rintik - rintik hujan bisa menghilangkan kenangan akan si mantan.hehe... Berikut beberapa manfaat dark chocolate.

1. Pengusir stres di saat kerjaan numpuk

Kerjaan yang menumpuk merupakan rutinitas bagi setiap pekerja kantoran. Dikejar - kejar deadline dari si bos bisa membuat emosi jiwa. Selain gangguan jiwa banyak banget gangguan fisik yang ditimbulkan oleh stres. Kamu bisa tanya mbah google tentang bahaya stres ini kalau dibiarkan berlarut - larut. coklat batang dapat mengusir stres karena cokelat mengandung alkaloid theobromin yang mampu membuat pikiran menjadi rileks. So, perbanyak konsumsi coklat ya kalau lagi dikejar - kejar deadline. 

2. Memperbaiki mood saat PMS (Pre-Menstrual Syndrom)


PMS (Pre-Menstrual Syndrom) adalah sindrom yang dialami perempuan sebelum menstruasi. Pada masa ini, biasanya perempuan mengalami sejumlah perubahan baik mental maupun fisik yang terjadi antara hari ke 7-10 hingga menstruasi tiba. Sindrom yang dihadapi pun berbeda-beda setiap bulannya. Sebuah penelitian mengatakan bahwa kurang dari 85% wanita usia produktif antara 25-35 tahun mengalami satu gejala PMS atau lebih. Salah satu gejala PMS ini yaitu mood yang bisa berubah dengan sangat cepat. Konon katanya cewek yang lagi PMS lebih serem daripada singa Afrika.hehe...Perubahan mood ini tidak bisa dicegah tapi dapat kita kurangi dengan mengonsumsi dark chocolate. Zat aktif phenylethylamine di dalam dark chocolate mengirimkan banyak sinyal - sinyal ke neuron di dalam otak yang dapat memperbaiki mood. Sinyal - sinyal ini dapat merangsang keluarnya hormon endorfin yang dapat membuat perasaan menjadi bahagia.

3. Penangkal radikal bebas

Apa sih radikal bebas itu? Kenapa harus ditangkal? Radikal bebas merupakan molekul yang kehilangan salah satu elektronnya yang celakanya bisa bereaksi dengan sel - sel di dalam tubuh yang dapat menimbulkan berbagai gangguan, penyakit bahkan bisa berujung pada kanker, ngeri ya. Faktor pencetus radikal bebas yang paling utama adalah junk food, polusi, dan stres. Kenapa coklat batang bisa menangkal radikal bebas? karena di dalam dark chocolate terdapat antioksidan bahkan jumlahnya lebih besar TIGA KALI LIPAT daripada green tea. Antioksidan ini akan bereaksi dengan molekul radikal bebas tersebut sehingga dapat mencegah radikal bebas mengganggu sel - sel sehat di dalam tubuh kita. 

4. Membantu meredakan batuk

Bagi kamu yang sering mengalami masalah di tenggorokan, kamu perlu mengonsumsi dark chocolate secara rutin. Dalam sebuah penelitian terhadap sekitar 300 pasien batuk kronis di 13 rumah sakit, para pasien diberi senyawa kimia alami theobromine yang berasal dari bahan baku cokelat. Pemberian senyawa ini dilakukan 2 kali sehari selama 14 hari. Hasilnya, 60 persen pasien merasakan batuknya mereda. Berdasarkan penelitian sebelumnya yang dilakukan National Heart and Lung Institute di Ingggris, theobromine beraksi dengan cara memblokir aktifitas saraf sensorik yang akan menghentikan batuk. "Kapsul baru yang kami gunakan tampaknya sangat efektif. Makan sebatang cokelat hitam per hari dengan kandungan theobromine yang tinggi akan efektif bagi orang yang didiagnosis sering mengidap batuk, meskipun makan cokelat setiap hari juga bisa memiliki efek lain yang tidak diinginkan, misalnya kenaikan berat badan dan sebagainya," kata peneliti lainnya, Profesor Alyn Morice, kepala Klinik Batuk Hull.

5. Menurunkan berat badan

Orang salah kaprah kalau coklat dapat membuat gemuk. Faktanya coklat hitam dapat menurunkan berat badan. Diet dark chocolate sudah sangat populer di dunia. Rutin mengonsumsi coklat hitam sangat banyak manfaatnya. Mengonsumsi coklat hitam sebelum makan dapat menurunkan berat badanmu. Zat aktif di dalam coklat akan menekan nafsu makan. Selain itu mengonsumsi coklat sebelum makan akan membuat kita lebih menikmati makan sehingga makanan akan tercerna lebih baik. 
Advertisemen